Yuk Kenalan Sama Digital Marketing!
Oleh : Khoirunnisa
Sementara untuk marketing itu Sendiri adalah
Kegiatan yang saling berhubungan dengan konsumen dalam suatu usaha agar dapat
memgetahui kebutuhan darikonsumen, Jika marketing berjalan secara optimal, maka
dapat menghasilkan sebuah keuntungan kepada perusahaan.
Pada era
revolusi industri 4.0, dimana semua berkembang dan berjalan dengan
Cepat. Oleh karenanya diperlukan senuah inovasi agar dapat menyeimbangkan atau
menyesuaikan sesuai dengan arus zaman yang terjadi. Digital Marketing sendiri
terbentuk akibat adanya perubahan yang terjadi pada masyarakat yang lebih
sering menggunakan aktivitas melalui gadget mereka, mulai dari berita terkini,
Mencari informasi tertentu, atau mencari kebutuhan yang mereka perlukan.
Dengan alasan lebih praktis dan mudah untuk
diakses terknologi digital kini menjadi semakin berkembang dari sebelumnya,
Sehingga menjadikan teknologi digital menjadi sebuah unsur yang tidak dapat
dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.
Digital marketing adalah suatu kegiatan
pemasaran produk, jasa atau layanan tertentu melalui media online atau
internet. Digital marketing enderung
lebih diminati dikarenakan return
of investment (ROI) yang lebih tinggi disbanding marketing tradisional tau
konvesional.
Perbedaan antara digital marketing dan traditional
marketing hanya berupa berbeda cara dalam pemasaranya, dimana digital marketing
melakukan pemasaran melalui media elektronik seperti : melalui Situs Online,
Search Engine Optimization (SEO), Pay-Per-Click (PPC),Media Sosial, Vidio
Online, Iklan Online atau Afiliasi, Pemasaran Via E-mail atau SMS atau
Whatsapp. Sementara untuk pemarasan traditional marketing melakukan pemasaran
secara tradisional atau manual seperti, Poster, Papan Iklan, Brosur, Iklan
Koran pada Majalah, Iklan pada TV atau Radio.
Seperti apapun jenis usaha atau bisnis yang
sedang dijalani, marketing selalu menjadi hal yang penting dalam menjaga
kelangsungan bisnis tersebut. Dan dalam marketing digital Pebisnis perlu
mempertimbangkan berbagai aspek dalam marketing itu sendiri, seperti : Tenaga
Pemasaran yang dibutuhkan, Kualitas isi materi, serta Potensi ROI yang akan
diperoleh.
Digital marketing menjadi sangat bermanfaat
terlebih lagi, ketika pada masa pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, tidak
lain karena untuk mempermudahkan komunikasi dengan custumer sehingga custumer
merasa senang dan dihargai ketika permintaan mereka dilayani dengan baik dan
cepat, selain itu digital marketing juga dapat menguntungkan terlebih lagi bagi
para pebisnis yang baru membuka bisnis mereka karena dapat berinteraksi secara
real time dengan custumer melalui media digital. Sehingga terjalin simbiosis
mutualisme atau interaksi yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, baik
itu custumer atau produsen.
Dengan adanya digital marketing bukan hanya
mempermudah interaksi antara custumer dengan produsen, tetapi lebih dari
sekedar mempermudah masih banyak manfaat digital marketing dalam membangun
sebuah usaha diantara :
1. Dapat Menjangkau Lebih Luas
Melalui digital
marketing dapat membuat usaha atau bisnis yang anda jalani atau kembangkan saat
ini dapat menjangkau lebih banyak target penjualan. Karena digital marketing
yang tidak mengenal jarak dalam target pemasarannya.
2.
Lebih
Murah dan Efektif
Jika pada pemasaran
tradisional memerluakan banyak uang dalam melakukan pemasarannya, seperti :
tenaga pemasarannya, jumlah brosur atau iklan yang akan disebar, dan lokasi
mana saja yang akan menjadi target pemasaran. Dalam digital marketing tidak
memerlukan jumlah brosur atau iklan ataupun lokasi karena digital marketing
yang berarti pemasaran secara digital, jadi pemasaran dapat dilalukan melalui
media social, Situs Online atau Search Engine Optimization (SEO) dsb.
3.
Dapat
Menjangkau Pengguna Smartphone
Pada umumnya
pemasaran hanya dapat menargetkan beberapa orang dan lokasi, namun dengan
kemajuan teknologi yang ada, seperti digital marketing dapat pebisnis seketika
saat itu memasuki area pasar raksasa, dimana kegiatan pemasaran dapat
menargetkanpasar yang lebih luas dan berkembang.
4.
Membantu
Dalam Mengenali Target Pelanggan
Dengan adanya digital
marketing permintaan custumer dapat diketahui secara online, secara tidak
langsung hal tersebut dapat menjadi sebuah pengenal pelanggan akan hal yang
diminati dan kurang diminati dalam target pemasaran.
5.
Bila
Terjadi Kesalahan, Dapat Segera Diperbaiki
Kesalahan dalam
menjalankan, terkadang tidak dapat terhindarkan. Namun dalam digital marketing
bila terjadi sebuah kesalahan dapat segera diperbaiki dengan cepat tidak harus
mengeluarkan banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi. Seperti
kesalahan pada kata-kata promosi atau design grafisnya, maka anda dapat dengan
segera memperbaiki kesalahan tersebut dan melakukan mengiklan kembali di media.
6.
Memudakan
Dalam Melakukan Evaluasi
Dalam menjalankan
bisnis evaluasi dalam menjalakan bisnis diperlukan, untuk mengetahui kelebihan
serta kekurangan dalam bisnis yang dijalankan, selain itu sebagai bahan untuk
penambahan fitur, layanan yang kurang sesuai sehingga harus diperbaiki, atau
mengubah strategi pemasaran.
7.
Dapat
Membangun Nama Brand
Brand dalam membangun
sebuah bisnis sangat penting karena merupakan dasar dalam membangun bisnis itu
sendiri. Dengan kemajuan digital teknologi dan digital marketing dapat membuat
nama brand anda mudah untuk dicari melalui media online.
Selain manfaat serta keuntungan yang di dapat
dari marketing digital di atas. tentunya dalam menjalankan marketing digital,
ada hal yang yang harus diperhatikan diantaranya jenis dan cara memulai marketing
digital. Untuk memulai digital marketing tidak sesulit dalam melakukan
pamasaran secara tradisional yang memelukan banyak tenaga dan uang yang
dikeluarkan. Cukup menyiapkan beberapa hal seperti :
1.
Menyiapkan
alat bantu dan produk yang akan dipasarkan, seperti : media social atau website
dan sejenisnya, identitas produk yang akan dipasarkan, jejak produk berupa
review dari pelanggan atau unggahan review produk.
2.
Membuat
konten tentang produk yang dapat menarik perhatian pelanggan yang dapat berupa
foto, video, tulisan serta menentukan target pasar dan tujuan dari pemasaran yang
sesuai dengan konten produk anda.
3.
Setelah
tahap 1 dan 2 anda dapat melakukannya secara berulang dan melakukan evaluasi pada
setiap unggahan produk anda dan menentukan feedback mana yang memberikan feedback yang baik
pada bisnis anda.
Kesimpulan dalam menjalankan sebuah bisnis
usaha, kegiatan marketing selalu diperlukan karena peran marketing dalam
kelangsungan bisnis tersebut. Marketing yang baik adalah marketing yang dapat
menyesuaikan dengan pola serta kebutuhan apa yang diperlukan oleh custumer
mereka dan tidak asal sembarang memasarkan produk yang mereka dagangkan. Oleh
karenanya banyak yang harus dikelola sebelum melakukan pemasaran ke area pasar
serta memperhatikan jenis pemasaran apa yang digunakan.
Artikel sangat bermanfaat
BalasHapusArtikel nya sangat bermanfaat
BalasHapus