Yuk Kenalan Sama Digital Marketing!

 Oleh : Khoirunnisa


Dalam Merintis sebuah usaha atau bisnis, marketing  menjadi sangat di perlukan, selain memudahkan konsumen mendapatkan dan memenuhi kebutuhan akan barang, makanan, dan jasa yang hendak di perlukan dalam kehidupan sehari-hari, dengan  adanya marketing  sutu usaha dapat berjalan berkembang yang dapat menggerakkan roda perekonomian. Marketing adalah hal yang memberikan kontribusi besar dalam memajukan suatu usaha atau bisnis, selain itu marketing juga Memberikan dampak untuk kelangsungan hidupnya suatu perusahaan dalam menjalan target penjualan. Oleh karena, terdapat program studi Manajemen Pemasaran atau Marketing Management.

Sementara untuk marketing itu Sendiri adalah Kegiatan yang saling berhubungan dengan konsumen dalam suatu usaha agar dapat memgetahui kebutuhan darikonsumen, Jika marketing berjalan secara optimal, maka dapat menghasilkan sebuah keuntungan kepada perusahaan.

Pada era  revolusi industri 4.0, dimana semua berkembang dan berjalan dengan Cepat. Oleh karenanya diperlukan senuah inovasi agar dapat menyeimbangkan atau menyesuaikan sesuai dengan arus zaman yang terjadi. Digital Marketing sendiri terbentuk akibat adanya perubahan yang terjadi pada masyarakat yang lebih sering menggunakan aktivitas melalui gadget mereka, mulai dari berita terkini, Mencari informasi tertentu, atau mencari kebutuhan yang mereka perlukan.

Dengan alasan lebih praktis dan mudah untuk diakses terknologi digital kini menjadi semakin berkembang dari sebelumnya, Sehingga menjadikan teknologi digital menjadi sebuah unsur yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari.

Digital marketing adalah suatu kegiatan pemasaran produk, jasa atau layanan tertentu melalui media online atau internet. Digital marketing enderung  lebih diminati dikarenakan return of investment (ROI) yang lebih tinggi disbanding marketing tradisional tau konvesional.

Perbedaan antara digital marketing dan traditional marketing hanya berupa berbeda cara dalam pemasaranya, dimana digital marketing melakukan pemasaran melalui media elektronik seperti : melalui Situs Online, Search Engine Optimization (SEO), Pay-Per-Click (PPC),Media Sosial, Vidio Online, Iklan Online atau Afiliasi, Pemasaran Via E-mail atau SMS atau Whatsapp. Sementara untuk pemarasan traditional marketing melakukan pemasaran secara tradisional atau manual seperti, Poster, Papan Iklan, Brosur, Iklan Koran pada Majalah, Iklan pada TV atau Radio.

Seperti apapun jenis usaha atau bisnis yang sedang dijalani, marketing selalu menjadi hal yang penting dalam menjaga kelangsungan bisnis tersebut. Dan dalam marketing digital Pebisnis perlu mempertimbangkan berbagai aspek dalam marketing itu sendiri, seperti : Tenaga Pemasaran yang dibutuhkan, Kualitas isi materi, serta Potensi ROI yang akan diperoleh.

Digital marketing menjadi sangat bermanfaat terlebih lagi, ketika pada masa pandemi COVID-19 yang terjadi saat ini, tidak lain karena untuk mempermudahkan komunikasi dengan custumer sehingga custumer merasa senang dan dihargai ketika permintaan mereka dilayani dengan baik dan cepat, selain itu digital marketing juga dapat menguntungkan terlebih lagi bagi para pebisnis yang baru membuka bisnis mereka karena dapat berinteraksi secara real time dengan custumer melalui media digital. Sehingga terjalin simbiosis mutualisme atau interaksi yang sama-sama menguntungkan kedua belah pihak, baik itu custumer atau produsen.

Dengan adanya digital marketing bukan hanya mempermudah interaksi antara custumer dengan produsen, tetapi lebih dari sekedar mempermudah masih banyak manfaat digital marketing dalam membangun sebuah usaha diantara :

1.    Dapat Menjangkau Lebih Luas

Melalui digital marketing dapat membuat usaha atau bisnis yang anda jalani atau kembangkan saat ini dapat menjangkau lebih banyak target penjualan. Karena digital marketing yang tidak mengenal jarak dalam target pemasarannya.

 

2.    Lebih Murah dan Efektif

Jika pada pemasaran tradisional memerluakan banyak uang dalam melakukan pemasarannya, seperti : tenaga pemasarannya, jumlah brosur atau iklan yang akan disebar, dan lokasi mana saja yang akan menjadi target pemasaran. Dalam digital marketing tidak memerlukan jumlah brosur atau iklan ataupun lokasi karena digital marketing yang berarti pemasaran secara digital, jadi pemasaran dapat dilalukan melalui media social, Situs Online atau Search Engine Optimization (SEO) dsb.

 

3.    Dapat Menjangkau Pengguna Smartphone

Pada umumnya pemasaran hanya dapat menargetkan beberapa orang dan lokasi, namun dengan kemajuan teknologi yang ada, seperti digital marketing dapat pebisnis seketika saat itu memasuki area pasar raksasa, dimana kegiatan pemasaran dapat menargetkanpasar yang lebih luas dan berkembang.

 

4.    Membantu Dalam Mengenali Target Pelanggan

Dengan adanya digital marketing permintaan custumer dapat diketahui secara online, secara tidak langsung hal tersebut dapat menjadi sebuah pengenal pelanggan akan hal yang diminati dan kurang diminati dalam target pemasaran.

 

5.    Bila Terjadi Kesalahan, Dapat Segera Diperbaiki

Kesalahan dalam menjalankan, terkadang tidak dapat terhindarkan. Namun dalam digital marketing bila terjadi sebuah kesalahan dapat segera diperbaiki dengan cepat tidak harus mengeluarkan banyak waktu untuk memperbaiki kesalahan yang terjadi. Seperti kesalahan pada kata-kata promosi atau design grafisnya, maka anda dapat dengan segera memperbaiki kesalahan tersebut dan melakukan mengiklan kembali di media.

 

6.    Memudakan Dalam Melakukan Evaluasi

Dalam menjalankan bisnis evaluasi dalam menjalakan bisnis diperlukan, untuk mengetahui kelebihan serta kekurangan dalam bisnis yang dijalankan, selain itu sebagai bahan untuk penambahan fitur, layanan yang kurang sesuai sehingga harus diperbaiki, atau mengubah strategi pemasaran.

 

7.    Dapat Membangun Nama Brand

Brand dalam membangun sebuah bisnis sangat penting karena merupakan dasar dalam membangun bisnis itu sendiri. Dengan kemajuan digital teknologi dan digital marketing dapat membuat nama brand anda mudah untuk dicari melalui media online.

Selain manfaat serta keuntungan yang di dapat dari marketing digital di atas. tentunya dalam menjalankan marketing digital, ada hal yang yang harus diperhatikan diantaranya jenis dan cara memulai marketing digital. Untuk memulai digital marketing tidak sesulit dalam melakukan pamasaran secara tradisional yang memelukan banyak tenaga dan uang yang dikeluarkan. Cukup menyiapkan beberapa hal seperti :

1.    Menyiapkan alat bantu dan produk yang akan dipasarkan, seperti : media social atau website dan sejenisnya, identitas produk yang akan dipasarkan, jejak produk berupa review dari pelanggan atau unggahan review produk.

 

2.    Membuat konten tentang produk yang dapat menarik perhatian pelanggan yang dapat berupa foto, video, tulisan serta menentukan target pasar dan tujuan dari pemasaran yang sesuai dengan konten produk anda.

 

3.    Setelah tahap 1 dan 2 anda dapat melakukannya secara berulang dan melakukan evaluasi pada setiap unggahan produk anda dan menentukan  feedback mana yang memberikan feedback yang baik pada bisnis anda.

Kesimpulan dalam menjalankan sebuah bisnis usaha, kegiatan marketing selalu diperlukan karena peran marketing dalam kelangsungan bisnis tersebut. Marketing yang baik adalah marketing yang dapat menyesuaikan dengan pola serta kebutuhan apa yang diperlukan oleh custumer mereka dan tidak asal sembarang memasarkan produk yang mereka dagangkan. Oleh karenanya banyak yang harus dikelola sebelum melakukan pemasaran ke area pasar serta memperhatikan jenis pemasaran apa yang digunakan.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Offline atau Online, Manakah Yang Lebih Baik?

Ayoo! Berwirausaha Digital